Klinik Tambal Gigi Jogja Opaldental

Tambal gigi merupakan salah satu bentuk prosedur yang harus dilakukan dalam dunia medis ketika gigi pasien berlubang. Gigi yang berlubang akibat pembentukan plak gigi yang jarang dibersihkan sehingga terus mengikis lapisan permukaan gigi.

Sedangkan penyebab utama timbulnya lubang pada gigi yaitu bakteri di dalam mulut yang bergabung dengan sisa makanan dan juga air liur sehingga membentuk plak pada gigi. Inilah awal mula gejala kerusakan pada gigi sebelum berlubang. Jika plak tidak segera dihilangkan maka akan terus menggerus gigi sehingga menimbulkan lubang.

Berikut ini ada beberapa manfaat serta tujuan dari menambal gigi :

Merapihkan bentuk gigi dan juga mengembalikan fungsi gigi

Meminimalisir bakteri yang aktif di dalam mulut

Struktur gigi menjadi lebih bagus sehingga usia gigi menjadi lebih panjang

Bentuk tulang rahang dan kontur wajah menjadi lebih baik

Gigi yang patah, retak serta terkikis karena kebiasaan yang buruk dapat diperbaiki

Tambal Gigi Oleh Dokter Spesials di Jogja

Namun, sebelum melakukan penambalan gigi maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh dokter gigi profesional, tujuannya untuk menentukan metode penambalan terbaik serta memilih bahan tambalannya, diantaranya :

Memeriksa riwayat kesehatan si pasien. Tahap awal yang biasanya dilakukan oleh para dokter gigi spesalis yaitu melakukan pemeriksaan riwayat atau history kesehatan si pasien. Kondisi kesehatan yang harus dilaporkan dan dikonsultasikan ke dokter sebelum menambal gigi yaitu :

Jika si pasien sedang hamil atau menyusui

Sudah mengatur rencana untuk memasang behel gigi

Sedang mengkonsumsi obat atau produk herbal tertentu sekarang ini

Memiliki riwayat penyakit yang kronis seperti jantung, lambung dan lainnya

Pasien memiliki alergi tertentu

Pasien pernah menjalankan operasi penggantian sendi

Dengan mengkonsultasikan semua riwayat kesehatan maka dapat mempermudah dokter gigi untuk menentukan tindakan pencegahan sehingga meminimalisir resiko yang mungkin bisa terjadi nantinya.

Biasanya, untuk pasien yang mengalami gangguan jantung akan diberikan antibiotic, dan jika si pasien memiliki riwayat alergi terhadap suatu bahan tambalan maka dokter akan menggunakan bahan tambal gigi yang tidak menyebabkan alergi si pasien kumat.

Tags:
About Author: Theaust