Risiko Dibalik Sedot WC
Memompa dan membersihkan tangki septik adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi, karena setiap operator truk sedot wc akan cepat setuju. Tidak hanya secara fisik menuntut, itu berbahaya karena potensi paparan bahan dan gas yang sangat beracun. Penanganan bahan berbahaya yang tepat sangat penting, karena dapat mengakibatkan penyakit serius atau bahkan kematian jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk alasan ini, setiap layanan septik harus memastikan bahwa operator terlatih dengan baik dalam prosedur keselamatan yang terlibat dalam tidak hanya menjalankan peralatan tetapi dalam menangani bahan beracun untuk melindungi diri mereka sendiri, orang lain dan lingkungan.

Keamanan
Ada dua waktu penanganan ketika operator truk sedot wc harus menjadi yang paling jeli: ketika melakukan pekerjaan yang sebenarnya dan ketika mengosongkan dan membersihkan peralatan. Keduanya dapat memiliki hasil yang sama-sama menghancurkan jika tidak dilaksanakan dengan benar, menempatkan perusahaan yang memiliki risiko denda dan hukuman lain dari OSHA. Bahkan operator yang paling berhati-hati dapat mengalami kecelakaan, sehingga penting bagi semua karyawan untuk dilatih dengan baik dan memahami serta mengikuti semua prosedur keselamatan perusahaan.

Perlindungan Lokasi Kerja
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat bekerja di lokasi kerja.

Wadah septik harus dibuka dengan sangat hati-hati karena limbah padat dapat terurai, melepaskan gas beracun yang mengisi tangki. Hidrogen sulfida dan gas metana dapat menyebabkan ledakan besar serta menjadi sangat beracun dan mati lemas atau membunuh seseorang hanya dengan beberapa tarikan napas dalam-dalam. Bakteri juga hadir dalam bahan penguraian yang bisa berbahaya jika kontak langsung. Jadi sangat penting untuk memakai alat pengaman termasuk respirator, sarung tangan dan pakaian pelindung.

Tentu saja, gas berbahaya akan meledak jika ada percikan api atau nyala api, jadi merokok atau jenis api apa pun dilarang keras karena gas-gas ini.

Ketika menyedot dari septic tank, operator harus sangat jeli karena ada lebih banyak yang terlibat dalam prosedur ini daripada hanya menunggu wadah untuk diisi. Saat material dipindahkan dari tangki ke wadah truk, gas bersama dengan tekanan dan suhu dapat menumpuk. Masalah apa pun yang tertinggal di dalam wadah dari pekerjaan sebelumnya dapat menyebabkan reaksi kimia. Pekerja harus terus mencermati pengukur suhu dan tekanan untuk mengawasi masalah.

Perlindungan Pembuangan Limbah
Setelah septiktank telah dengan aman dan berhasil disedot, pembuangan limbah beracun adalah masalah keamanan utama berikutnya.

Operator harus tahu di mana tempat pembuangan yang disetujui berada dan dapat mendokumentasikan jenis bahan yang dibawa untuk menghindari reaksi beracun, tumpahan atau kecelakaan lain. Setiap aturan yang ditetapkan oleh tempat pembuangan sampah atau lembaga pemerintah apa pun harus dipatuhi dengan ketat.
Pemeliharaan kendaraan harus dilakukan secara teratur untuk mencegah kemungkinan kegagalan peralatan selama prosedur pembuangan.
Setelah tangki truk dikosongkan, tangki itu harus dibersihkan secara menyeluruh karena meninggalkan truk yang bersih untuk operasi selanjutnya adalah tindakan pencegahan keamanan yang sangat kritis. Seperti disebutkan sebelumnya, setiap bahan yang tersisa di dalam reservoir truk yang dapat bercampur dengan material baru dari pekerjaan di masa depan mungkin dapat menyebabkan reaksi kimia yang setidaknya akan menyebabkan penundaan sementara masalah ditangani dan bahkan lebih buruk lagi, dapat menyebabkan tangki meledak.

Pada akhirnya, keselamatan kerja tergantung pada pelatihan karyawan dan ketekunan berikutnya dalam mengikuti langkah pencegahan; ini harus diminta oleh setiap perusahaan. Kecelakaan yang melibatkan pemompaan septik mungkin tampak hanya gangguan yang tidak menyenangkan; realistis, itu bisa menjadi jauh lebih serius dari itu. Metode keselamatan yang tepat sangat penting dalam menyediakan layanan septik yang aman dan menyeluruh dan dalam mengurangi risiko yang terlibat!

Jasa sedot wc Surabaya

About Author: Theaust