perbedaan-manajemen-informatika-dan-teknik-informatika

Pengertian Manajemen Informatika

Manajemen adalah penggunaan sumber daya yang efektif dalam mencapai target. Sedangkan Informatika adalah displin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yakni data dengan informasi di mesin berbasis komputasi. Displin ilmu ini juga mencakup beberapa macam bidang, termasuk: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Informatika merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemprosesan data, serta menampilkannya ke dalam bentuk informasi. Aspek informatika sangat luas dari hanya sekedar sistem informasi berbasis komputer, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Manajemen Informatika adalah segala pemanfaatan dan pemeliharaan sumber daya yang secara efektif dalam bidang informasi untuk mewujudkan tujuan yang sudah ditentukan supaya bisa memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal. Namun Jika Manajemen Informatika dipisahkan katanya menurut kata penyusunnya yakni kata manajemen disini berarti segala penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang sudah tersedia secara efektif guna mencapai targetnya.

Peluang Kerja 

Lulusan program studi Manajemen Informatika diharapkan bisa menjadi individu yang kreatif dan profesional pada bidangnya, bidang kerja yang bisa diraih yaitu:

  • Menjadi Administrator Sistem dan Web.
  • Menjadi Konsultan Desain
  • Menjadi Junior Programmer
  • Menjadi Tenaga Ahli Desain Grafis

Pengertian Teknik Informatika

Dasar ilmu pada Teknik Informatika yaitu algoritma. Di Teknik Informatika mahasiswa akan diarahkan untuk bsa menguasai ilmu serta keterampilan dalam rekayasa informatika dengan berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, dan menciptakan software dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi di dalam teknik informatika bisa dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain yaitu:

  1. Sistem Informasi
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Pemrograman dan Komputasi
  4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

Peluang Kerja 

Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika yaitu:

  • Programmer
  • Web Designer
  • Sistem Analis
  • Software Engineer
  • Computer network
  • Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian

Itulah sedikit penjelasan terkait perbedaan Ilmu-ilmu komputer yang ada di Indonesia. Masing-masing jurusan memiliki cakupan pembelajaran serta batasan ruang keahlian yang berbeda-beda. Perbedaan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika yang sudah dijelaskan setidaknya memberi gambaran sedikit untuk orang-orang terutama para calon mahasiswa baru, yang akan mengambil jurusan kuliah tentang teknologi informasi. Semoga penjelasan ini bermanfaat. Terima kasih.

Tags:
About Author: Theaust