INI MANFAAT IKUT KELAS AKTING DARI KECIL UNTUK ANAK

Untuk mengoptimalkan minat dan bakat anak, orang tua dapat menyertakan mereka dalam kegiatan kursus usai bersekolah. Salah satu pilihan yang dapat dicoba yakni kursus akting. Apalagi bila anak memiliki ketertarikan khusus pada bidang tersebut. Jangan beranggapan bahwa kursus akting hanya untuk mereka yang berniat jadi artis. Ternyata banyak manfaat ikut kelas akting yang dapat dirasakan anak, https://www.sekolahan.co.id/ . Berikut deretan manfaat ikut kelas akting yang harus orang tua ketahui.

1. Belajar Bersosialisasi
Mengikuti kegiatan di luar sekolah berarti akan berjumpa dengan orang-orang baru yang memiliki latar belakang berbeda. Karena memiliki tujuan yang sama, anak mau tak mau harus bersosialisasi dengan teman-teman lain di kelas akting.

Jangan membiasakan anak membawa gawai ke tempat kursus. Ini justru akan membuat anak terisolasi dari dunia sekitar. Tentu ini akan berdampak negatif terhadap pola interaksi si kecil dengan lingkungan sekitar. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan contoh nyata. Misalnya mulai bersosialisasi dengan orang tua peserta kursus lainnya. Ini akan mendorong anak melakukan hal yang sama serta membuatnya bersikap lebih terbuka.

2. Lebih Percaya Diri
Akting menuntut anak untuk tampil di hadapan banyak orang saat memainkan peran. Padahal untuk melakukan hal tersebut tak pernah sederhana terutama bagi anak yang pemalu. Meskipun demikian, lama kelamaan karakter tersebut akan terkikis akibat teman-teman sekelasnya lagi dituntut melakukan hal yang sama.

Rasa percaya diri akan semakin terbangun ketika anak mampu menaklukan ketakutan untuk tampil di depan orang lain. Terlebih bila karakter yang dimainkan tergolong sulit. Jangan lupa beri anak pujian atas apa yang dilakukannya. Hal tersebut akan terus memotivasinya untuk berani tampil di kesempatan lain.

3. Melatih Ketekunan
Saat berakting, anak harus menjadi orang lain sesuai cerita yang disediakan. Terkadang karakter yang didapatkan sangat berbeda jauh dengan karakter asli anak. Misalnya anak yang di kesehariannya ceria dan aktif harus membawakan karakter pemurung.

Untuk tampil sempurna, tentu ada fase latihan yang harus dilalui. Selalu ingatkan anak bahwa tidak ada hasil yang didapatkan dalam waktu singkat. Karena itu, tekun berlatih adalah kuncinya. Sebagai orang tua, kita lagi dapat membantu anak melakukan observasi karakter yang akan diperankan. Misalnya dengan menemani anak menonton movie atau melihat video di web.

4. Belajar Bekerja Sama
Untuk menghadirkan rangkaian cerita yang utuh, si kecil akan beradu peran dengan orang lain. Agar penampilan yang bagus tercipta, dibutuhkan kerja sama yang baik pula antar pemain. Dimulai dengan membangun hubungan hingga memahami karakter peran lawan essential. Manfaat ikut kelas akting yang satu ini tentu akan sangat berguna bagi anak terutama bila dilibatkan dalam kerja kelompok di sekolah.

5. Meningkatkan Imajinasi Anak
Manfaat ikut kelas akting yang terakhir adalah meningkatkan imajinasi anak. Ketika anak harus berperan menjadi karakter lain, tentu ia harus menciptakan mimik wajah serta gerak tubuh yang sesuai. Untuk menghasilkan akting yang alami tentu ia harus berimajinasi dan membayangkan seolah-olah ia memiliki karakter baru serta berada di tempat tertentu. Semakin banyak karakter yang mainkan, semakin luas pula daya imajinasi anak.

Demikianlah 5 manfaat ikut kelas akting yang dapat dirasakan oleh si kecil. Ketika mengetahui manfaatnya, jangan ragu lagi bila anak ingin mengikuti kelas tersebut. Sebelum mendaftarkan si kecil, pastikan ia berada di usia superb yakni 6 tahun ke atas. Usia menjadi penting karena anak telah mampu menyerap materi, menghafal dialog serta mandiri untuk mengurusi keperluan pribadinya. Sumber: https://www.pelajaran.co.id/

Tags:
About Author: Theaust