Ingin Beli Genset? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Ingin Beli Genset? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Sekarang ini listrik memang menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat di seluruh dunia. Hal ini karena listrik digunakan di untuk menjalankan peralatan-peralatan yang membutuhkan aliran listrik. Namun, pasokan listrik dari PLN sering kali terputus akibat terjadi pemadaman.

Oleh karena itu, ada banyak tempat yang membutuhkan pasokan listrik lain jika pemadaman tersebut terjadi. Alternatif yang kerap dipilih oleh masyarakat adalah genset.

Alat pemasok listrik ini sangat berguna untuk memastikan berbagai peralatan yang membutuhkan listrik tetap dapat beroperasi. Alat ini berguna sebagai pembangkit listrik yang sering digunakan ketika PLN melakukan pemadaman.

Alat pembangkit listrik ini mempunyai beragam jenis yang dijual di pasaran. Apabila Anda tertarik untuk membeli alat ini, terlebih dahulu Anda harus mengenali jenis-jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis genset yang wajib Anda ketahui.

  • Mesin Bensin

Jenis mesin ini paling banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan harga jualnya yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis mesin lainnya. Sama seperti namanya, mesini ini hanya dapat beroperasi menggunakan bahan bakar bensin. Kapasitas listrik yang dihasilkan dari mesin bensin ini bisa mencapai 10kW. Penggunaannya yang sangat praktis dan cocok digunakan untuk rumah yang tidak memerlukan daya yang besar.

  • Mesin Diesel

Jenis alat pembangkit listrik ini banyak ditemukan dan menjadi jenis mesin yang paling umum digunakan. Mesin ini banyak dipilih karena mampu menghasilkan kapasitas listrik yang besar mulai dari 5kW hingga 2Mw. Tidak hanya itu, mesin ini juga menyediakan silinder dari 2 sampai 16 silinder yang tergantung pada jenis dan merknya. Akan tetapi, jenis mesin ini mempunyai kekurangan, yakni harga jualnya yang sangat mahal. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan harga jual ini sebelum memilih untuk membeli mesin diesel.

  • Mesin Gas

Mesin ini dapat beroperasi dengan menggunakan bahan bakar gas, seperti gas LPJ dan CNG. Mesin ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena biaya membeli gas yang cukup mahal. Apalagi jika menggunakan gas CNG. Maka dari itu, pastikan jika Anda telah mempertimbangkan anggaran yang dikeluarkan apabila membeli alat pembangkit listrik mesin gas ini.

  • Mesin Turbin

Mesin jenis turbin ini dapat digunakan untuk mengaliri listrik hingga satu desa kecil. Hal ini karena mesin turbin mempunyai kapasitas listrik yang sangat besar, yakni hingga 2Mw. Akan tetapi, diperlukan perhitungan yang tepat dan sesuai untuk dapat membangun satu unit mesin turbin ini. Jenis turbin yang digunakan antara lain adalah turbin uap, turbin air, ataupun turbin udara. Nantinya turbin ini akan disalurkan ke generator sehingga dapat menghasilkan muatan listrik.

  • Mesin Portable

Jenis mesin portable ini sering ditemukan pada acara-acara outdoor, seperti perkemahan. Mesin portable dipilih karena mudah untuk digunakan dan juga dapat dibawa kemana saja. Selain itu, ukurannya yang kecil juga mudah untuk dipasang dimana saja, meskipun dalam area yang terbatas.

  • Mesin Urine

Teknologi yang semakin berkembang pesat menjadikan munculnya sebuah inovasi mesin pembangkit listrik yang berasal dari bahan bakar urine. Dengan menggunakan satu liter urine, mesin ini dapat menghasilkan listrik hingga enam jam.

Keenam jenis-jenis genset berdasarkan dari bahan bakar tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih untuk membeli sebuah alat pembangkit listrik. Anda harus memastikan jika mesin yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang disediakan.

Tags:
About Author: Theaust