mencegah bosan dalam bekerja

Memulai karir dari bawah hingga berada di posisi mapan bukan hal mudah. Banyak tantangan dan godaan yang selalu mengikuti dalam perjalanannya. Mulai yang bersumber dari faktor eksternal hingga internal diri sendiri. Faktor eksternal yang bisa menjadi penyebab kebosanan dalam kerja diantaranya suasana kantor yang cenderung kaku dan selalu sama setiap saat. Rekan kerja yang monoton dan dan kurang update juga bisa menjadi pemicu kebosanan. Tidak heran saat ini banyak perusahaan yang mulai mengubah gaya dan budaya kerja dengan sesuatu yang lebih kekinian dan menyenangkan. Mulai dari pemilihan lokasi kantor yang nyaman, memiliki taman hijau, asri bahkan sampai ada yang menyediakan fasilitas permainan seperti biliard, pingpong hingga console.

Adapun faktor internal yang bisa jadi pemicu kebosanan adalah kelelahan fisik, kurang rapinya kita dalam mengatur ritme kerja hingga terbiasa melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Untuk menghindari kebosanan dalam bekerja, saya ingin membagikan beberapa tips berikut :

1. Mulai hari dengan hal yang digemari

Hal paling sederhana adalah dengan memilih sarapan pagi yang digemari. Hal ini dapat membangkitkan mood positif sebelum memulai aktifitas pekerjaan. Selain menu sarapan, sebelum bekerja bisa juga dengan mengajak kawan atau sahabat untuk sarapan bersama di kantor atau saling bertukar menu dengan teman dekat sambil ditemani musik atau lagu favorit bersama agar suasana pagi hari makin menyenangkan.

2. Jangan Terburu-buru

Biasakan untuk memperhitungkan segalanya. Jangan memaksakan untuk tidur terlalu malam karena akan membuat kita akan sengsara pada pagi harinya. Akibat kurangnya jam tidur akan membuat tubuh tidak fit di pagi hari dan malas untuk beranjak dari tempat tidur kita. Tak jarang hal ini juga malah membuat tubuh terasa sakit dan pegal. Kebiasaan mengatur waktu tidur dan bangun akan membuat kita terhindar dari ‘terburu-buru’ dan merasa tertekan di perjalanan.

3. Hindari Sering Lembur

Bagi beberapa orang lembur merupakan kesempatan mendapatkan sumber penghasilan lebih dari gaji yang dia terima. Namun banyak juga orang yang tidak menyukai kerja lembur walaupun hal tersebut akan menambah penghasilannya. Saya menyarankan untuk bekerja secara proporsional saja, artinya lakukan lembur hanya pada saat dibutuhkan atau mengejar deadline. Pulang tepat waktu terbukti mampu mengurangi faktor kebosanan dalam bekerja dan membuat anda bekerja lebih lama dan lebih produktif di suatu perusahaan.

4. Break 10 menit setiap 90 menit

Lemaskan otot dan fikiran anda secara berkala dengan berbagai cara. Bisa dengan menyiapkan playlist kesukaan, berjalan ringan di seputar tempat kerja, atau bisa juga sambil menunaikan ibadah jika sudah waktunya. Hal ini jika dilakukan secara rutin terbukti mampu membuat anda lebih produktif dan bertahan lebih lama dalam bekerja. Selain itu kegiatan ini juga berpotensi untuk mengurangi stres dan membakar kalori.

5. Apresiasi Diri Anda

Sesekali berilah penghargaan bagi diri sendiri atas apa yang teah dilakukan dalam pekerjaan anda. Sisihkan sebagian dari penghasilan anda untuk membeli sesuatu yang anda inginkan dan tentunya membawa manfaat. Namun tetap harus mengedepankan prinsip manfaat bukan hanya sekedar memuaskan keinginan semata. Manjakan diri sesekali terbukti mampu mengembalikan mood anda yang terkuras setelah bekerja. Lepaskan segala beban pekerjaan di saat anda sudah berada di luar kantor. Selamat mencoba.

6. Tentukan Tujuan Besar Anda

Banyak orang merasakan jenuh dan lelah saja dalam bekerja karena mereka tidak memiliki tujuan besar dalam bekerja. Biasanya mereka hanya berfikir untuk memiliki pendapatan bulanan untuk menjamin kehidupan sehari-hari saja. Seolah-olah bekerja hanya menunggu tanggal gajianĀ  lalu bersenang-senang dan hilang semangat saat gaji sudah habis. Orang-orang yang pintar biasanya akan memilih investasi daripada sekedar memuaskan gaya hidup. Pilihan investasi yang bisa dilakukan adalah logam mulia, investasi rumah tinggal, investasi rumah kost, investasi tanah, mata uang asing, mata uang crypto, dan lain-lain. Dengan perilaku investasi, kita dapat memiliki tujuan lebih besar dalam bekerja sehingga membuat kita lebih bersemangat dan mencegah bosan dalam bekerja.

Tags:
About Author: redaksi