Cara Membuat Situs Website Perusahaan Anda – Kemajuan dalam teknologi internet telah mengubah cara bisnis dilakukan. Jika dulu mengandalkan metode konvensional, sekarang telah merambah ke dunia online. Tidak mengherankan, banyak perusahaan besar membuat situs website perusahaan mereka.

Selain merek dan mempromosikan produk atau layanan, situs website ini juga berguna untuk mendukung klien dan mendapatkan klien baru. Tentu saja, tidak hanya perusahaan besar yang dapat membuat situs website.

Anda yang memiliki usaha kecil atau menengah dapat membuat situs website. Bagaimana caranya? Ini tidak rumit dan tidak perlu juga merekrut layanan pembuatan situs website. Yang perlu Anda lakukan untuk pembuatan website di makassar perusahaan Anda adalah 7 langkah berikut.

1. Pilih Sistem Manajemen Konten

Sistem manajemen konten (CMS) adalah perangkat lunak untuk menambah atau mengubah konten situs website. Perangkat ini sangat membantu bagi mereka yang tidak berhasil HyperText Markup Language (HTML) dalam mengelola situs website mereka.

Saat ini ada banyak CMS yang dapat Anda gunakan. Dijawab adalah:

  • WordPress
  • Blogspot
  • Wix
  • Joomla
  • Drupal

Dari CMS di atas, saya beralih Anda ke menggunakan WordPress. Selain memiliki fitur lengkap, WordPress juga mudah digunakan (ramah pemula). Bahkan, banyak perusahaan besar seperti Sony Music, TechCrunch, Xerox, dan BBC America menggunakan WordPress.

Sekadar informasi, WordPress terdiri dari dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Yang perlu Anda pilih adalah WordPress.org karena situs website Anda lebih profesional.

2. Tentukan Nama Domain

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain atau alamat situs website Anda. Ekstensi yang paling banyak digunakan di situs website perusahaan Indonesia adalah .com, .co.id, dan .id. Apa pun nama domain yang Anda pilih, jelas bahwa nama domain Anda haruslah nama perusahaan Anda.

Adakah Cara Medah Membuat Situs Website yang Benar?

3. Pilih Hosting

Hosting adalah tempat untuk mengumpulkan data dan arsip situs website Anda sehingga dapat diakses. Bentuk fisik hosting disebut server, yaitu sistem komputer yang memiliki hard disk, RAM, prosesor, dan sebagainya. Anda dapat membeli server Anda sendiri. Namun, ini membutuhkan anggaran yang tidak murah dan manajemennya tidak mudah.

Berita yang diterbitkan, Anda dapat mengizinkan server untuk situs website Anda di penyedia hosting luar negeri atau domestik (hosting Indonesia). Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki biaya dan tidak kesulitan mengelola hosting.

Jika Anda memilih penyedia hosting di negara ini, Anda dapat menggunakan Niagahoster. Salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia menawarkan paket hosting, domain gratis, SLL gratis (https), dan diskon hingga 40%.

Tidak hanya itu, Niagahoster juga menawarkan bandwidth tidak terbatas, uptime 99,999%, dan jaminan uang kembali 30 hari tanpa syarat. Penawaran ini dapat membantu Anda mendapatkan hosting murah dengan mendukung yang tidak murah.

4. Kelola Situs Website

Langkah selanjutnya adalah mengatur situs website di penyedia hosting yang Anda pilih. Pengaturan di sini adalah menginstal WordPress dengan perangkat lunak yang memang tersedia di penyedia hosting. Jika Anda memilih Niagahoster, Anda bisa mendapatkan panduan untuk mengatur situs website yang akan memandu Anda. Tidak perlu bingung lagi, kan?

5. Desain Situs Website Anda

Saat ini, situs website Anda masih hidup. Namun, itu masih terlihat seperti WordPress. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendesain tampilan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan situs website Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat pada langkah 4
  • Pilih menu Appearance
  • Pilih tema
  • Klik tombol Tambahkan Baru
  • Pilih tema yang menurut Anda cocok

Oh ya, tema adalah templat atau desain tampilan situs website. Untuk memulai, Anda dapat memilih tema gratis yang tersedia. Anda dapat mengubah tema gratis ini kapan saja dengan tema premium (harga $ 20 atau lebih) atau tema khusus yang Anda pesan di salah satu layanan pembuatan tema WordPress.

6. Buat Halaman Informasi Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman informasi dan menerbitkannya di situs website Anda. Langkah ini akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki profil perusahaan. Yang harus Anda lakukan adalah menyalin dan menempel pada halaman yang dibuat. Kemudian masukkan gambar perusahaan dan pribadi. Sederhana bukan?

7. Buat Artikel Tentang Produk atau Layanan Anda

Setelah keenam selesai, selesaikan membahas Anda menulis artikel tentang produk atau layanan Anda untuk berdiskusi di situs website Anda. Artikel-artikel ini akan membantu Anda mendidik klien dan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, seperti Google.

Tags:
About Author: Theaust