cara-cek-spesifikasi-laptop-atau-pc

Cara Cek Spesifikasi Laptop – Untuk bisa melakukan pengecekan dan melihat spesifikasi laptop atau PC yang Kamu gunakan adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, masih banyak orang yang jarang melakukannya sampai mereka tidak mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi laptop atau PC. Maka dari itu, saya ingin share informasi mengenai cara cek spesifikasi laptop atau PC paling mudah.

Dengan mengetahui spesifikasi laptop atau PC Kamu, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi Kamu. Salah satunya yakni Kamu bisa melihat kemampuan dari laptop Kamu, sehingga Kamu akan dapat memilah aplikasi atau game apa yang cocok untuk laptop Kamu. Selain itu juga, jika laptop atau PC Kamu rusak di bagian hardwarenya. Pastinya dengan mengetahui spesifikasi laptop Kamu akan sangat membantu ketika mengganti bagian hardware yang sudah rusak tersebut. Lumayan bermanfaat bukan?

Cara Cek Spesifikasi Laptop atau PC

Di bawah ini adalah 3 cara yang dapat Kamu lakukan untuk bisa mengecek dan melihat spesifikasi lengkap dari laptop atau PC Kamu.

1. Cara Cek Spesifikasi Laptop Menggunakan Dxdiag

Cara cek spesifikasi laptop yang pertama adalah dengan menggunakan Dxdiag. Cara ini menurut saya merupakan cara yang efektif dan paling mudah untuk digunakan karena tidak ribet sama sekali. Berikut langkah-langkahnya.

  • Anda buka RUN pada laptop Kamu, atau dengan ketik WINDOWS + R di
  • Kemudian ketik dan klik
  • Setelah terbuka, Kamu akan diperlihatkan berbagai informasi tentang spesifikasi laptop Kamu.

Informasi yang diperlihatkan ketika membuka dxdiag lumayan lengkap. Ada berbagai macam informasi mengenai display, system, render, dan sound.

2. Cara Cek Spesifikasi Laptop Menggunakan Sistem Informasi

Cara cek spesifikasi laptop yang kedua adalah dengan menggunakan sistem informasi yang sama seperti cara no 1, namun cara ini juga lumayan mudah,

Bagi Kamu pengguna Windows 10 dan 8.1, Kamu hanya cukup menuju ke bagian Settings > System > Klik About. Sangat mudah bukan? hanya dengan sesimpel itu Kamu sudah bisa melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi laptop Kamu.

Lalu bagi Kamu yang pengguna Windows 7 dan XP, Kamu dapat mencoba dengan melakukan klik kanan di bagian My Computer lalu pilih Properties atau System Properties. Dan selesai deh kini Kamu sudah dapat melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi laptop/ PC Kamu.

3. Cara Cek Spesifikasi Laptop Menggunakan Aplikasi Speccy

Ada lagi nih yang terakhir salah satu cara melihat spesifikasi laptop Kamu yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang harus Kamu download terlebih dahulu. Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi untuk mengecek spesifikasi laptop Kamu, tapi saya rekomendasikan yang termudah aja dulu yaitu Speccy. Aplikasi sederhana ini dapat Kamu gunakan untuk melihat lebih detail terkait spesifikasi laptop Kamu.

Caranya cukup mudah, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan yaitu dengan mendownload Aplikasi Speccy. Setelah mendownload dan install aplikasinya, sekarang Kamu sudah bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan melihat spesifikasi laptop Kamu dengan lengkap.

Itulah 3 cara untuk dapat mengecek spesifikasi laptop atau PC yang paling mudah menurut Nirvanaharapan. Bila ada pertanyaan mengenai cara mengecek atau melihat spesifikasi laptop.

Tags:
About Author: Theaust