Sungai Soul

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Itulah kata yang mewakili perubahan dari sungai Cheonggyecheon yang berada di Korea Selatan. Cheonggyecheon yang dulu sepanjang sejarahnya adalah sungai kotor sekarang mempunyai wajah baru. Wajah baru yang menarik banyak peminat, tak hanya wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Kalau melihat ke belakang, rasanya sangat mustahil sungai ini dapat menarik banyak perhatian. Dulu Cheonggyecheon adalah sungai sepanjang hampir 6 km yang sangat kumuh, bahkan menjadi jamban dan tempat membuang sampah bagi banyak orang. Sungguh miris melihatnya.

Kali Cheonggyecheon tempo dulu

Kali Cheonggyecheon tempo dulu

Selain itu, pada tahun 1970-an di sekitar sungai dibangun banyak tiang dan beton untuk pembangunan jalan layang. Setelahnya hadirlah, Lee Myung di tahun 2003 sebagai walikota Seoul dan membuat gebrakan baru.

Walikota yang selalu mengusung visi ramah lingkungan ini segera mengubah wajah sungai Cheonggyecheon menjadi lebih bagus.

BACA JUGA: Jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta Dengan Kapasitas Beragam

Kali Cheonggyecheon saat ini

Kali Cheonggyecheon saat ini

Jalan-jalan layang berada di atas sungai disingkirkan, begitu juga dengan tiang dan lapisan beton yang menutupi. Di mulai dari langkah tersebut, walaupun butuh waktu lama tapi usahanya tidak sia-sia.

Cheonggyecheon lahir kembali dengan wajah baru yang menakjubkan. Sungai itu menjadi bersih dan udaranya juga menyegarkan. Bahkan, pembersihan sungai ini juga ikut berpartisipasi dalam menurunkan polusi udara di kota.

Kini, Cheonggyecheon menjadi salah satu kebanggaan Seoul sebagai ibukota modern yang turut mendukung kelestarian lingkungan hidup. Sungai Cheonggyecheon banyak dikunjungi wisatawan di tengah-tengah kota Seoul.

BACA JUGA: 6 Spot Populer Wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Kali Cheonggyecheon saat malam hari

Kali Cheonggyecheon saat malam hari

Warga Seoul harus bangga karena mereka memiliki tempat menarik untuk bersantai di antara hiruk-pikuk kota. Walaupun berada di kota yang padat lalu lintasnya, tapi pengunjung masih dapat merasakan suasana tenang.

Untuk para pejalan kaki juga telah disediakan jalur khusus. Sungguh tempat yang pas untuk melepas lelah karena kalian bisa bersantai ditemani udara sejuk dan gemericik air. Jika kalian ingin merencanakan liburan ke Seoul, dapatkan penerbangan Jakarta-Seoul sekarang juga.

Sumber: hello semarang

Tags:
About Author: Theaust